Gaet Perusahaan Tambang Sebagai Konsumen Tegangan Tinggi, PLN Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

Keberhasilan-keberhasilan PLN di era Direktur Utama Zulkifli Zaini terus bertambah. Kali ini, pencapaian itu diraih PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (UIP JBT II).

Salah satu Unit Pelaksananya, yaitu UPP JJBT 2 berhasil melakukan pemberian tegangan (Energize) Bay Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) Gardu Induk 150 kV Sinar Tambang Artha Lestari (STAR) untuk mensupply daya sebesar 37 MVA sesuai dengan target yang direncanakan.

Apa dampaknya pemberian tegangan KTT ini bagi layanan PLN?

PT Sinar Tambang Artha Lestari (STAR) merupakan perusahaan yang bergerak pada industri pembuatan semen dan tercatat sebagai salah satu pelanggan premium Gold PLN berlokasi di Ajibarang, Banyumas Jawa Tengah.

Kini, perusahaan semen itu resmi mendapat suplai daya dari dari sistem teganan 150 kV setelah sebelumnya mendapat suplai daya dari sistem tegangan 20 kV.

Hal ini tentu akan meningkatkan keandalan suplai PLN kepada PT STAR di mana di sistem 150 kV mempunyai kemampuan suplai daya yang lebih besar dan kehandalan yang lebih tinggi untuk menunjang aktivitas industri besar seperti PT. STAR.

Baca Juga :  Semua Orang Salah, Kecuali Ahmad Daryoko

Sesuai dengan penyebutannya, Gardu Induk ini mengaliri listrik ke arah konsumen yaitu PT Sinar Tambang Artha Lestari (STAR) yang mengalami tren kenaikan pemakaian energi listrik sebesar 28,66% dalam satu tahun terakhir.

“Kami menyambut baik karena berarti hal ini menunjukkan PT STAR memiliki tren positif dalam pemakaian tenaga listrik.” Kata Manajer UPP JJBT 2 Agus Pramana.

Dengan beralihnya PT STAR menjadi konsumen Tegangan Tinggi, maka daya melalui sistem tegangan 20 kV (Tegangan Menengah) yang sebelumnya digunakan untuk suplai Industri PT  STAR diharapkan dapat dimanfaatkan untuk melayani potensi-potensi pemasangan baru/penambahan daya dan layanan kepada pelanggan PLN lainnya dengan penjualan listrik sebesar 1.480.000 KWh atau setara dengan 1,53 milyar rupiah

Sementara itu, General Manager PT PLN UIP JBT II Eko Priyantono Aviantoro menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh tim yang terlibat atas keberhasilan pekerjaan ini.

“Apa yang kami lakukan sejalan dengan semangat transformasi PLN untuk terus mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan melalui penyediaan listrik yang andal dan sesuai mutu,” tegasnya.