Wujud Nyata Aksi Korporat Sosial PLN: Bantu Sektor Wisata dan Pendidikan Pulau Langkai

PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (UIW Sulselbar) menunjukkan kerja nyata dengan melakukan aksi korporat membantu sektor wisata dan pendidikan warga Pulau Langkai.

Pulau Langkai merupakan satu dari tiga pulau terluar yang berada di Makassar. Pulau ini terletak di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi pulau ini berada di 5,5 km selatan Lanjukang dengan luas mencapai lebih dari 27 hektar dan terumbu yang mengelilingi seluas 142 hektar. Di sinilah kita bisa melihat indahnya terumbu karang. Selain itu, kekayaan bawah lautnya juga membuat banyak wisatawan datang untuk memancing.

Yang paling asyik dari Pulau Langkai karena penduduknya berasal dari berbagai suku. Ada warga Bugis, Mandar, dan Makassar. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai nelayan dan beberapa diantaranya pengrajin perahu.

Selain memancing, aktivitas lainnya yang kerap dilakukan wisatawan adalah melihat dari dekat kehidupan sehari-hari para nelayan termasuk para pengrajin perahu, mulai dari cara pembuatan hingga bagaimana merawatnya.

Di tengah masa pandemi dan New Normal, PT PLN UIW Sulselrabar memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan wisata, khususnya di pulau terluar. Di antaranya dengan memberikan bantuan sarana pendidikan kepada TK Bina Bahari di Pulau Langkai.

Baca Juga :  Warga DKI di Rumah Saja, PLN Amankan Pasokan Listrik

Bantuan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli. Penyerahan bantuan untuk sekolah dilakukan sekaligus dengan proyek pengembangan wisata Pulau Langkai yang diserahkan langsung oleh General Manager PT PLN (Persero) UIW Sulselrabar Ismail Deu.

“Semoga bantuan peralatan sekolah bisa bermanfaat untuk generasi penerus di Pulau Langkai. Untuk pengembangan wisata, kami berharap agar dapat terjaga kelestarian terumbu karang, terutama agar alamnya tetap bersih sehingga menjadi potensi wisata yang baik ke depannya,” kata Ismail.

Dalam penyerahan bantuan, Ismail menyatakan bangga dan terharu dengan semangat adik-adik dalam mengemban pendidikan ditengah keterbatasan di Pulau Langkai.

Ketua Yayasan Pendidikan Bina Bahari Muhammad Nur mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diterima dari PLN.

“Terimakasih kepada PLN atas bantuannya berupa meja belajar serta alat permainan. Semoga ini sangat bermanfaat untuk TK kami dan berharap anak-anak TK Bina Bahari bisa bermain dan belajar seperti anak-anak di kota besar,” ujarnya.

Sebuah langkah nyata betapa sebuah korporasi melakukan aksi sosial untuk masa depan pendidikan anak dan kelestarian lingkungan.

Baca Juga :  Dukung Energi Ramah Lingkungan, PLN Gunakan Listrik Dari PLTSa Benowo Surabaya