LISTRIKTODAY – Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN meraih 9 penghargaan kategori platinum dan 1 kategori gold pada ajang “Indonesia Corporate Social Responsibility Award (ICA) tahun 2020.

Dengan capaian itu, PLN juga dianugerahkan penghargaan Grand Apresiasi Pertama pada ajang tersebut. Indonesian CSR Awards (ICA) 2020 merupakan penghargaan 3 tahunan yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) dengan Badan Standardisasi Nasional dan Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Acara ini digelar untuk menilai dampak, keberhasilan dan keberlanjutan program CSR kepada penerima manfaat. Penghargaan diserahkan langsung di Hotel JS Luwansa & Convention, Jakarta , Jumat (6/11) malam.

Gelaran ICA 2020 sendiri di inisiasi oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) Indonesia. Total 31 perusahaan dan 151 program ikut serta dalam ajang tersebut.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi menyampaikan bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara, PLN ingin terus hadir memberikan manfaat di tengah masyarakat. Pihaknya terus berupaya menghadirkan program-program CSR yang tak hanya bermanfaat dan memiliki dampak berkelanjutan bagi masyarakat.

Baca Juga :  Boleh Kok Main Layang-Layang, Tapi...

“Harapannya, ini mendorong tercapainya kemandirian dalam bermasyarakat yang akhirnya menciptakan suatu kehidupan bermutu bagi generasi mendatang. Selain itu program ini juga mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditetapkan Pemerintah dan menciptakan Sustainable Business bagi Perusahaan,” tutur Agung.

Sebagai contoh, salah satu program yang mendapatkan penghargaan yaitu Listrik Untuk Sang Naga merupakan program elektrifikasi masif terhadap sektor pertanian sebagai bentuk kepedulian PLN untuk mengembangkan meningkatkan produktivitas buah naga di Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebelum memakai lampu penghasilan untuk 3/4 Hektar (Ha) hanya mencapai 150 juta tapi sekarang bisa berbunga di luar musim sehingga pendapatan sekitar 500 juta per tahunnya. Dengan meningkatnya produktivitas tentu akan meningkatkan kesejahteraan dan membentuk kemandirian ekonomi masyarakat.

Hingga 2020 terdapat 3.659 Ha ladang buah naga berlistrik yang produksinya mencapai 944.022 Ton dan menyerap tenaga kerja sebanyak 9.720 orang.

Selain itu, di Jakarta, PLN juga menghadirkan program Sekolah Sungai Ciliwung. Sekolah ini mengajarkan edukasi tentang menjaga kelestarian sungai Ciliwung dan bantarannya agar tak tercemar sampah.

Baca Juga :  PLN Perpanjang Program Promo Tambah Daya

Tak hanya itu, PLN juga mendorong lahirnya Ekoeduwisata yang menggerakan masyarakat sekitar sungai ciliwung sebagai penggeraknya. Hadirnya program ini tidak hanya sebatas menjaga lingkugan, tetapi juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

Agung menambahkan bahwa penghargaan ICA 2020 merupakan bentuk apresiasi bagi PLN dan menjadi penyemangat bagi PLN untuk terus menjalankan proses bisnis yang berwawasan lingkungan serta terus melahirkan program-program tanggung jawab sosial lingkungan yang berkelanjutan.

Adapun program yang mendapatkan penghargaan Kategori Platinum antara lain:

Bidang Hak Asasi Manusia
1. Wisata Edukasi Terpadu (WET) Sendi di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
2. Tirai Kasih, Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Provinsi Nusa Tenggara Timur

Bidang Lingkungan
3. Coal Shipping Management melalui Optimalisasi Dedicated Vessel di Jepara, Jawa Tengah
4. Konservasi Rajungan dan Karang Endemik Pantai Utara Jawa, Jepara, Jawa Tengah

Bidang Community Involvement and Development
5. Listrik untuk Sang Naga di Banyuwangi Jawa Timur
6. Ekowisata Sungai Muda, di Kulonporgo, DI Yogyakarta
7. Sekolah Sungai Ciliwung, di DKI Jakarta
8. Desa Wisata Pandasari Pemacu Adrenalin, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah
9. Generasi Penerang Bangsa (Meningkatkan Kompeternsi Bidang Ketenagalistrikan pada Peserta Didik dan Tenaga Pekerja SMK), di Bogor Jawa Barat

Baca Juga :  PLN Gerak Cepat Pulihkan Tiang Roboh Akibat Longsor di Aranio

Untuk Kategori Gold yaitu:
1. Revitalisasi Terumbu Karang Sebalang, Kabupaten Lampung Selatan