The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) merupakan ajang tahunan insan Contact Center yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Assosiation (ICCA) yang pada tahun 2020 ini diikuti oleh 31 perusahaan

LISTRIKTODAY – PT PLN (Persero) melalui Contact Center 123 (CC123) memperoleh beberapa penghargaan pada The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).

The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) merupakan ajang tahunan insan Contact Center yang diselenggarakan oleh ICCA yang pada 2020 ini diikuti oleh 31 perusahaan yang bergerak dalam berbagai industri seperti perbankan, e-commerce, layanan publik, pemerintahan dan lainnya yang memiliki Contact Center sebagai ujung tombak pelayanan kepada pelanggan.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk kepercayaan dari masyarakat dan ICCA. Ini juga menjadi penyemangat PLN untuk terus meningkatkan layanan bagi pelanggan.

Adapun rincian penghargaan antara lain, 6 penghargaan di kategori Corporate Program, 3 penghargaan kategori Teamwork, dan 13 penghargaan kategori Individual.

“Ini adalah capaian terbaik bagi PLN. Tahun lalu kami ada di posisi ke-15, hari ini berada di posisi kedua. Ini menjadi bukti bahwa kami terus meningkatkan layanan pelanggan. Tahun depan, kami targetkan bisa menjadi yang terbaik,” tutur Bob.

Baca Juga :  PLN Berkomitmen Jaga Pasokan Listrik

Contact Center 123 saat ini melayani hampir 78 juta pelanggan PLN dan memiliki site yang tersebar di 9 kota (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Medan dan Palembang).

Dan untuk layanan CC 123 telah tersedia dalam beberapa alternatif seperti Voice Call (PSTN dan Selular), Facebook, Instagram, Twitter, Email dan Live Chat.

Sejak awal berdirinya CC 123, PLN berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pada tahun ini, PLN telah mencanangkan program Transformasi PLN dimana salah satu aspirasinya adalah Customer Focused yakni melayani pelanggan dengan kualitas dan layanan kelas dunia.

Dengan begitu, dapat mendukung visi PLN ke depan menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara dan nomor satu pilihan Pelanggan untuk solusi energi. Tidak hanya itu, CC 123 digunakan sebagai ujung tombak dalam Komunikasi dan layanan kepada Pelanggan diharapkan dapat mendukung pencapaian visi PLN tersebut.

Bob menambahkan, capaian ini tidak lepas dari program transformasi yang sedang dijalankan oleh PLN. Melalui salah satu pilarnya yaitu Customer Focused, PLN terus melahirkan inovasi guna menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan.

Baca Juga :  Ayo Daftar! Kompetisi Inovasi PLN Berhadiah Satu Miliar Ditutup 6 Hari Lagi

“Kami menghadirkan experience berbeda pada layanan kami. Ini dilakukan melalui hubungan dekat antara perusahaan dengan pelanggan. Dan Contact Center ini menjadi salah satu ujung tombaknya,” tambah Bob.

Dalam waktu dekat, PLN juga akan meluncurkan New PLN Mobile sebagai aplikasi layanan pelanggan terintegrasi melalui telepon genggam. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya dengan menghadirkan banyak fitur baru untuk memudahkan para pelanggan listrik dalam mengelola kebutuhannya.

“Lewat New PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru kepada pelanggan, tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, menyampaikan keluhan, termasuk membayar tagihan bulanan,” tambah Bob.

Data Penghargaan

Kategori Individual 13 Award : 6 Platinum, 2 Gold, 3 Silver, 2 Bronze
1. IT Support – PLATINUM
2. Quality Assurance – PLATINUM
3. Supervisor – PLATINUM
4. Agent Premium – PLATINUM
5. Agent Publik PLATINUM
6. Back Office PLATINUM
7. Quality Assurance GOLD
8. Team Leader Inbound GOLD
9. Best of The Best Leader SILVER
10. Team Leader Inbound SILVER
11. Agent Digital Publik SILVER
12. Team Leader Inbound BRONZE
13. Quality Assurance BRONZE

Baca Juga :  PLN Pastikan Pasokan Listrik Food Estate di Sumut Terpenuhi

Kategori Corporate Teamwork 3 Award : 1 Platinum, 1 Gold, 1 Silver
1. Scheduling Team Work – PLATINUM
2. Quality Team Work -GOLD
3. Reporting Team Work – SILVER

Kategori Corporate Program 6 Award : 1 Platinum, 1 Gold, 3 Silver, 1 Bronze
1. Technology Innovation – PLATINUM
2. Business Contribution – GOLD
3. People Development – SILVER
4. Employee Engagement – SILVER
5. Digital Media – SILVER
6. Operation – BRONZE

Total Award PLN : 7 PLATINUM, 2 GOLD, 7 SILVER, 2 BRONZE
Total Award ICON : 1 PLATINUM, 2 GOLD, – SILVER, 1 BRONZE
Total Award CC PLN 123 : 8 PLATINUM, 4 GOLD, 7 SILVER, 3 BRONZE