Tidak Semua Kabel itu Milik PLN, Yuk Cari Tahu!

LISTRIKTODAY – Banyak kabel yang membentang di sejumlah ruas jalan hingga permukiman warga. Jika melihat sekilas, semua kabel terlihat sama.

Mayoritas warga berpikir kabel tersebut bagian dari jaringan kelistrikan. Namun, tahukah Anda? Bahwa tidak semua kabel yang membentang merupakan milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Ternyata, kabel PLN mempunyai ciri khusus, yang menjadi pembeda dengan kabel lainnya. Mengutip akun @pln_id, jaringan PLN terdiri dari empat kabel, yakni R, S, T dan N.
Kemudian, kabel dibuat melilit (terpilin) agar lebih rapi dan memudahkan proses konstruksi. Apabila Anda melihat kabel satuan, dipastikan itu bukan kabel milik PLN.
Perseroan mengimbau warga untuk mengenali ciri-ciri kabel PLN. Jika ada instalasi yang membahayakan, sebaiknya segera melapor ke pihak yang tepat untuk ditangani.
Selain itu, warga diminta hati-hati dan menjaga jarak aman dengan kabel listrik, khususnya yang bertegangan tinggi. Mengingat ada sejumlah kasus warga yang tersengat aliran listrik, karena mendekati jaringan kabel.
Sebaiknya, jangan membakar sampah atau bermain petasan di bawah jaringan listrik. Apalagi membiarkan dahan pohon mengenai kabel listrik. Kendaraan besar, seperti truk, juga jangan diparkir dekat jaringan listrik.
Baca Juga :  Layanan PLN Meningkat, Sei Menggaris 24 Jam Bercahaya