PLN Sebut Penjualan Listrik di Jamali Tumbuh 4% Tahun Depan
Petugas PLN sedang melakukan inspeksi ke Sutet di Ambon. Dok. Istimewa

LISTRIKTODAY – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) berkomitmen meningkatkan keandalan pasokan listrik di Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah menjelang malam pergantian tahun 2021.

General Manager PLN UIW Kalselteng Sudirman, menegaskan, pihaknya sudah mempersiapkan strategi operasi kelistrikan secara khusus untuk menghadapi momen penting sepanjang Desember 2020.

Misalnya saja, Pilkada serentak (9 Desember), Perayaan natal (25 Desember), dan malam pergantian tahun 2021.

Dia menjelaskan, langkah persiapan sistem yang dilakukan pihaknya dimulai dengan memastikan keandalan sistem pembangkit dan sistem jaringan transmisi.

Berdasarkan neraca daya sistem interkoneksi Kalselteng – Kaltim saat ini, diperkirakan beban puncak saat perayaan Natal dan Tahun Baru sebesar 1.265 Megawatt (MW), dengan cadangan daya sebesar 585 MW.

Dari sisi keandalan jaringan distribusi listrik ke pelanggan, PLN telah memitigasi risiko untuk mencegah terjadinya gangguan dengan melakukan upaya predictive maintenance, yakni melakukan perintisan pohon dan pemeriksaan jaringan, khususnya di titik rawan yang berpotensi sebagai penyebab gangguan.

Baca Juga :  Dukung Masyarakat Tetap Produktif, PLN Jaga Pasokan Listrik Selama PPKM

Guna memastikan percepatan penyelesaian gangguan akibat faktor alam, PLN sudah mengerahkan sebanyak 1.087 petugas pelayanan teknik yang akan siaga 24 jam mulai dari tanggal 6 Desember 2020 sampai dengan 7 Januari 2021.

Meskipun sudah melakukan berbagai upaya agar suplai listrik saat Pilkada, Natal dan Tahun Baru tetap terjaga, Sudirman juga menegaskan bahwa gangguan alam merupakan salah satu faktor utama penyebab padam yang terjadi di luar kendali PLN.

Maka dari itu apabila terjadi padam, Sudirman meminta bantuan masyarakat untuk segara melapor kepada PLN melalui Contact Center 123, maupun via aplikasi PLN Mobile