Sudah Berapa Banyak SPKLU yang Dioperasikan PLN? Ini Jumlahnya

Sudah Berapa Banyak SPKLU yang Dioperasikan PLN_Listrik Today
Salah satu SPKLU milik PLN Disjaya. Dok. Listrik Today

LISTRIKTODAY – PT PLN (Persero) berkomitmen penuh untuk mendukung kemantapan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia.

Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur pendukung beroperasinya kendaraan bermotor listrik, seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan, hingga saat ini, PLN telah mengoperasikan sekitar 20 unit SPKLU milik perseroan dan 2 unit SPKLU yang menjadi proyek percobaan dengan para mitra.

PLN juga meluncurkan platform digital charge.in dalam pengembangan, yang diharapkan dapat menjadi platform tunggal untuk seluruh SPKLU di seluruh Tanah Air.

“Era kendaraan listrik telah tiba dan kami pastikan penyediaan pasokan listrik dan berbagai infrastruktur kelistrikan seperti SPKLU akan kami siapkan,” kata Zulkifli seperti dikutip dari rilis resmi PLN, Sabtu (2/1/2021).

Di Tol Trans Jawa, PLN telah memiliki SPKLU di 4 rest area. Hal ini untuk menunjang penggunaan mobil listrik di Tol Trans Jawa.

Perubahan ekosistem kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik merupakan langkah mewujudkan ketahanan energi, mengubah konsumsi energi impor menjadi energi domestik, mengurangi biaya operasional transportasi, dan mengurangi emisi sehingga membuat lingkungan menjadi lebih bersih.

Baca Juga :  Tanjung Boleng NTT Kini Menikmati Listrik yang Murah dari PLN

Komitmen PLN Mantap

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan PLN siap mendukung terwujudnya era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Erick di sela peninjauan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN Bali Selatan, Sabtu (2/1).

Sudah Berapa Banyak SPKLU yang Dioperasikan PLN
Menteri BUMN Erick Tohir di sela peninjauan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN Bali Selatan, Sabtu (2/1/2021)

Pada kesempatan itu, Menteri BUMN juga tidak lupa menjajal pengisian daya mobil listrik didampingi Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Erick mengatakan terwujudnya era KBLBB mendukung peningkatan ketahanan energi nasional.

“Untuk mencapai Ketahanan energi nasional yang seimbang, diperlukan solusi, salah satunya mobil listrik, dan tim PLN sudah menunjukkan komitmennya dengan penyediaan infrastruktur pendukung Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia melalui SPKLU,” kata Erick.

Selain meningkatkan ketahanan energi nasional, penggunaan mobil listrik juga mendukung upaya pemerintah menekan impor bahan bakar minyak.