LISTRIKTODAY – Era kendaraan listrik kian menjadi kenyataan dengan hadirnya sederet mobil yang diproduksi dan dijual oleh sederet pabrikan otomotif tersohor di Indonesia.

Sejumlah produsen seperti Hyundai, Lexus, BMW, hingga Tesla pun berlomba-lomba menawarkan produk mobil listriknya ke pencinta otomotif Tanah Air. Di tengah pandemi Covid-19, para pabrikan itu tetap meluncurkan inovasinya.

Mengutip dari Kompas.com, Hyundai Motors Indonesia meluncurkan salah satu varian mobil listriknya pada akhir tahun lalu. Produsen asal Negeri Gingseng itu meluncurkan Hyundai Kona Listrik dan Hyundai Ioniq EV.

Untuk performanya, mobil ini mengandalkan penggerak dari motor listrik berperforma 118 Tk dan torsi 295 Nm. Motor listriknya sendiri ditopang dengan baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh. Hyundai mengklaim kendaraan itu dipacu hingga 155 km per jam dengan rincian pengecasan 9 jam untuk normal charging. Sementara jika mengusung fast charging hanya membutuhkan waktu 75 menit sampai baterai terisi 80 persen. Hyundai Kona Electric dibanderol Rp674,8 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga :  Salut, Aksi 'Jemput Bola' Petugas PLN Nelponin Pelanggan Jelaskan Kenaikan Tagihan

Lebih dulu mengaspal, produsen mobil mewah Lexus yang berada di bawah PT Toyota Astra Motor telah meluncurkan jagoannya di mobil listrik pada November 2020.

Lexus melahirkan seri motor listrik yang diberi nama Lexus UX 300e itu terlahir dengan motor listrik berkapasitas 54,35 kWh dengan tenaga 201 Tk dan torsi 300 Nm, dengan daya jelajah hingga 300 km dalam sekali pengisian daya listrik.

Pengisian baterai mobil ini membutuhkan waktu 24 jam untuk 0-100 persen saat menggunakan listrik rumah. Namun dengan AC Wall charger membutuhkan 5-6 jam dan DC Fast Charging di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) hanya 50 menit. Mobil listrik premium Lexus UX 300e dijual dengan harga Rp1,245 miliar dan berstatus CBU dari Jepang.

Dalam deretan mobil listrik di dalam negeri, terdapat produsen asal Jerman yang turut meramaikan persaingan mobil listrik, dikenal sebagai pioner dalam mobil listrik, BMW i3s. Pasalnya, mobil itu pertama kali diluncurkan sejak 2019 dalam pameran otomotif GIIAS.

Baca Juga :  Karena Corona, Hampir Semua Negara Mengalami Lonjakan Tagihan Listrik

BMW i3s dibekali motor listrik dan baterai berdaya 42,2 kWh. Mobil itu mampu menghasilkan 184 Tk dan torsi puncak 270 Nm. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 1.340 OTR Jakarta.

Terakhir, produsen asal Amerika Serikat, Tesla turut menghadirkan jagoannya yakni Tesla Model S P100D yang dibekali dengan baterai Lithium-Ion berdaya 100 kWh yang menunjang kinerja 2 motor listrik sekaligus. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 680 Tk dan torsi 1.073 Nm. Masalah harga, berdasarkan laman Prestige Motor Tesla Model S dijual dengan banderol Rp4,4 miliar.