Komitmen PLN : Menerangi Listrik dari Sabang – Merauke

LISTRIKTODAY – PLN melakukan berbagai upaya untuk menghadirkan listrik hingga pelosok negeri.

Satu persatu tantangan dihadapi PLN untuk melistriki berbagai wilayah Indonesia.

Medan yang terjal, jarak yang terbentang hingga terbatasnya akses tidak membuat perseroan ragu untuk memberikan keadilan energi.

Komitmen PLN ini dapat terlihat di Kalimantan Barat. Di sana, PLN harus mengeluarkan biaya investasi rata-rata Rp33 juta untuk melistriki satu kepala keluarga dalam program listrik desa.

“Kalau di kota investasinya hanya 1-2 juta rupiah, di kawasan 3T jika kita hitung rata-rata investasi untuk melistriki 1 kepala keluarga sekitar Rp 33 juta. Tapi itu semua tetap kita laksanakan agar masyarakat di daerah 3T dapat menikmati listrik dari PLN,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar Ari Dartomo dikutip Kompas.com, Minggu (28/1/2021).

Di provinsi tersebut, dalam rentan 2017 – 2020, melalui program listrik desa, PLN berhasil melistriki 242 lokasi daerah 3T dengan total biaya sebesar Rp574 Miliar.

Baca Juga :  Gelar Jumpa Pers, PLN Jelaskan Berbagai Hal ke Publik

Padahal, setidaknya ada 147 desa baru yang sebelumnya belum menerima aliran listrik. Selain itu, PLN melakukan perluasan jaringan listrik ke lokasi-lokasi terpencil di 95 desa yang sebelumnya sudah berlistrik.

Melalui program listrik desa ini pula, dalam tiga tahun PLN berhasil melistriki lebih dari 16 ribu kepala keluarga di daerah 3T yang sebelumnya tidak mendapatkan aliran listrik.
“Pembangunan ini merupakan komitmen kami untuk mewujudkan keadilan energi yaitu dengan menghadirkan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri,” tutur Ari.