PLN Kebut Elektrifikasi 100 Persen

LISTRIKTODAY – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyatakan tetap berkomitmen untuk mengejar target rasio elektrifikasi sebesar 100 persen meski harus menghadapi sejumlah tantangan dalam melistriki seluruh wilayah di Indonesia.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Muhammad Ikbal Nur mengatakan pihaknya berkomitmen agar rasio elektrifikasi 100 persen bisa segera dicapai untuk memenuhi keadilan energi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan berusaha maksimal dan mengerahkan sejumlah upaya dengan maksimal guna mencapai target itu.

“Kami komitmen mewujudkan keadilan ke semua masyarakat Indonesia. Kami rencanakan semaksimal mungkin capai 100%,” ungkapnya seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com, Rabu (3/3/2021).

Hingga akhir 2020, kata Ikbal, rasio elektrifikasi telah mencapai sekitar 99%. Dalam mencapai rasio elektrifikasi 100%, menurutnya tantangan utama adalah menjangkau daerah-daerah yang sangat terpencil. Beberapa pulau menurutnya bahkan belum memiliki akses jalan.

“Beberapa wilayah pulau yang belum ada akses jalan, membawa peralatan, tiang listrik pun masih sangat sulit,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap yakin bisa mencapai target 100 persen elektrifikasi. Adapun, cara untuk menjangkau daerah terpencil, penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) akan menjadi salah satu strateginya.

Baca Juga :  PLN Sambung Listrik Gratis di 1.200 Keluarga Pra Sejahtera di Kawasan Timur Indonesia

“Untuk remote area, kami upaya pasang pembangkit-pembangkit yang bersifat EBT, terutama daerah tersebut memiliki terik matahari cukup, bisa dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), ada air, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro, ataupun biomassa,” paparnya.