LISTRIKTODAY – PT PLN (Persero) menerbitkan 2 buah buku yang berjudul ‘Menerangi Negeri PLN 75 Tahun’ dan Menerangi Indonesia Memajukan Bangsa’ guna mengisahkan perjalannya selama 75 tahun dalam menghadirkan energi listrik di Indonesia.

Adapun, acara bedah buku yang dilakukan secara virtual pada Kamis (4/3/2021), dihadiri oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana.

Direktur Utama PLN Zukifli Zaini mengatakan kedua buku ini saling melengkapi karena satu buku yang diterbitkan mengisahkan perjuangan para insan PLN dalam merumuskan dan menjalankan roda perusahaan.

Sementara buku yang lain, menggambarkan secara visual bagaimana perjuangan para insan PLN dalam menghadirkan listrik di berbagai lokasi di Indonesia.

Kedua buku ini mengulas perjalanan PLN sejak jaman hindia belanda hingga perkembangan sampai saat ini melistriki Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

“Saya sangat bangga dan bahagia akan kehadiran dua buku ini karena dalam perjalanan PLN yang ke-75 tahun, di tengah situasi dan kondisi yang serba sulit akibat pandemi yang membuat langkah dan gerak kita serba terbatas, kita masih mampu menghadirkan sebuah catatan yang sangat baik, yang tidak hanya berguna untuk generasi PLN hari ini, tetapi juga bagi generasi PLN di masa depan,” ungkapnya.

Baca Juga :  PLN Selesaikan Proyek Jaringan Transmisi Bawah Tanah 150 KV di Makassar

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana dan Direktur berharap, catatan yang sudah ditorehkan PLN selama 75 tahun dapat menjadi pembelajaran di masa yang akan mendatang.

Selain itu, buku yang diluncurkan itu diharapkan memberikan inspirasi dan pembelajaran positif bagi banyak pihak dari berbagai dinamika yang dihadapi dalam menyediakan energi listrik secara merata dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau untuk masyarakat.

“Dalam buku menerangi negeri PLN 75 Tahun terdapat artikel menarik kisah para pemimpin PLN berikut dengan tantangan dan solusi beserta inovasi yang dilakukan sesuai jamannya, hal tentu saja merupakan pembelajaran menarik untuk di ambil hikmahnya dan menjadi landasan untuk berkinerja lebih jauh di masa yang akan datang,” imbuhnya.