PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan Bangka

LISTRIKTODAY – PLN berhasil memulihkan kondisi kelistrikan di Bangka Belitung 100 persen setelah sempat terjadi gangguan jaringan transmisi akibat tertabrak kapal di perairan sekitar Pangkalbalam.

“Petugas PLN langsung ke lapangan dan melakukan evakuasi atas kejadian tersebut, hal ini dilakukan guna tetap memberikan tegangan listrik untuk jalur transmisi yang tidak terimbas. Dengan harapan agar listrik tetap bisa tersalurkan kepada masyarakat ,” ujar Manajer Komunikasi PLN Babel, Tri Putra Septa.

PLN melakukan evakuasi dengan Menukar/manuver kabel yang putus dengan kabel yang masih utuh, sehingga jaringan yang mulanya beroperasi dua jalur dapat dioperasikan normal walau hanya satu jalur.

Kendati kelistrikan sudah pulih, PLN masih melakukan upaya penggantian kawat yang putus tersebut.

Hasil gerak cepat petugas, listrik dapat dinormalkan secara bertahap. Dilaporkan pada pukul 05:54 sistem kembali normal 100 persen.

“Atas kejadian tersebut, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan kepada kami sehingga petugas dapat menyelesaikan gangguan tersebut dengan cepat dan selamat,” imbuh Tri Putra.

Baca Juga :  PLN Rela Tunda Proyek PLTU Guna Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Pihaknya menambahkan bahwa apabila masih ada rumah yang belum normal dipastikan hal itu karena gangguan pada sistem penyulang, oleh sebab itu pelanggan dapat melaporkan ke kontak center PLN 123 dan aplikasi PLN Mobile.

Saat ini kondisi kelistrikan di Bangka Belitung tercatat suplai di pulau Bangka sebesar 182 mega watt (MW) dengan demand 161 MW, sementara di sistem kelistrikan Belitung suplai listrik sebesar 78,5 MW dengan demand 45,5 MW.